Cara mengatasi download tertunda

Cara Mengatasi Download Tertunda di Playstore 

Bagi pengguna android, mendownload aplikasi di Playstore mungkin sudah menjadi hal lumrah bukan? Namun bagaimana jika aplikasi yang sobat download tiba-tiba tertunda? Bagaimana cara mengatasinya? Jangan khawatir, yuk simak artikel Cara Mengatasi Download Tertunda di Playstore.

Pengertian Playstore 

Playstore adalah layanan digital yang dioperasikan dan dikembangkan oleh google. Sebelum berubah nama menjadi Playstore, sebutannya dulu adalah Android Market. Fungsi Platform ini sendiri adalah aplikasi toko resmi bagi semua pengguna android untuk menemukan beberapa fitur seperti Game, aplikasi, penawaran, buku bahkan film bisa ditemukan ketika sobat membuka Playstore. 

Hal yang perlu sobat ketahui, bahwa tidak semua aplikasi yang berada di Playstore bisa di unduh secara cuma-cuma alias gratis, tetapi ada juga beberapa aplikasi berbayar. Untuk pengguna IPhone, mungkin tidak akan menemukan jenis layanan ini. Karena Playstore memang bawaan dari pabrik untuk seluruh pengguna android. 

Jenis Layanan Playstore 

Jenis layanan dalam platform ini, terbilang cukup beragam. Seperti yang sudah disebutkan diatas terdapat beberapa jenis layanan yang bisa pengguna android nikmati, diantaranya adalah:

1. Google Play Books

Google Play Books jika diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia memiliki arti Google Buku. Seperti namanya, aplikasi ini adalah aplikasi berupa buku digital yang bisa di unduh di Playstore. Pengguna bisa membeli buku berupa ebook atau audiobook. Untuk pengguna yang ingin mengunduhnya secara gratis, jangan khawatir, fitur ini juga menyiapkan beberapa buku yang bisa dinikmati tanpa membayar dengan menggunakan format PDF yang bisa disimpan melalui penyimpanan Cloud pada akun Google Play Books. 

2. Google Play Film & TV

Jika ingin menonton siaran televisi dan film dari ponsel, layanan ini bisa digunakan. Tidak seperti menonton siaran televisi dan film secara gratis seperti halnya menonton tayangan melalui TV kabel, layanan ini mengharuskan pengguna untuk membeli atau menyewa untuk menikmati fitur ini. Resolusi yang dihasilkan dalam fitur ini sangat tinggi. 

3. Google Play App and Game

 Tersedia jutaan aplikasi dan permainan yang bisa di unduh secara gratis maupun berbayar di platform ini. Fitur ini juga memungkinkan pengguna untuk memperbarui aplikasi yang telah di distribusikan menggunakan google. 

Jika sobat ingin menghasilkan pundi pundi rupiah  melalui Google Play ini, sobat bisa mendistribusikan aplikasi sendiri dan memperoleh uang dari iklan yang tampil di aplikasi yang sedang digunakan pengguna lain. 

4. Musik

Selain beberapa fitur diatas, dengan Google Playstore pengguna bisa menikmati beragam musik ataupun mendengarkan radio secara gratis. Untuk sekarang, penggunaan fitur ini bisa digunakan dengan cara memasang google play music di perangkat pengguna. Hal ini memudahkan user untuk lebih cepat ketika ingin mengakses fitur tersebut. 

Pernahkah sobat mengalami kendala pada saat mengunduh aplikasi di Playstore? Tertundanya unduhan yang kerap kali terjadi pada saat mengunduh beberapa aplikasi bisa disebabkan oleh beberapa hal, diantarnya adalah karena koneksi internet yang tidak stabil, sistem yang terganggu, atau bisa juga disebabkan oleh server play store itu sendiri. 

Cara Mengatasi Download Tertunda

Bagaimana Cara Mengatasi Download Tertunda di Playstore? Yuk, mari simak apa saja yang bisa dilakukan pengguna ketika mengalami hal tersebut. 

1. Ubah Pengaturan prefensi Jaringan

Tanpa disadari prefensi jaringan yang digunakan untuk mengunduh aplikasi biasanya di setting hanya ketika memakai WiFi saja. Sedangkan pada saat itu, prefensi yang digunakan adalah paket data. Hal ini, bisa mempengaruhi adanya ketertundaan pengunduhan. Untuk mengatasi hal tersebut, silahkan memperbaikinya dengan cara :

– Buka Playstore 

– Klik Fito Profil yang berada di pojok kanan atas

– Pilih setting/setelan

– Klik Prefensi download aplikasi 

– Pilih Melalui jaringan apapun

2. Restart Ponsel

Terjedanya pengunduhan bisa disebabkan karena sistem pada aplikasi hp. Untuk melakukan restart hp akan berbeda pada setiap tipe ponsel yang dimiliki. Namun pada umumnya, untuk me- restart hp bisa dilakukan dengan cara menekan tombol power, kemudian pilih “Restart” atau “mulai ulang”.

3. Periksa Antrian Download di Playstore 

Biasanya pada sebuah aplikasi memiliki fitur pembaruan pada waktu tertentu. Fitur ini berjalan ketika perangkat terhubung ke WiFi. Hal inilah yang menyebabkan tertundanya aplikasi yang ingin di download. Untuk menyelesaikan kendala ini, lakukan langkah berikut:

– Buka Playstore

– Klik Foto Profil yang berada di pojok kanan atas

– Pilih “kelola aplikasi & perangkat”

– Klik “kelola”

– Lihat daftar aplikasi yang mungkin sedang dalam pembaruan

– Ketuk tanda X untuk menghentikan proses download otomatis

– lanjutkan proses download pada aplikasi yang diinginkan

4. Hapus cache dan data di Playstore

Cache dan data Playstore yang berat bisa menjadi penyebab tertundanya proses download. Untuk menghapusnya silahkan ikuti langkah berikut: 

– Buka pengaturan pada Hp

– Pilih pengaturan aplikasi 

– Klik Playstore 

– Klik penyimpanan & Memori 

– Klik ” Bersihkan data & hapus cache”

5. Periksa Penyimpanan Pada Ponsel

Ruang penyimpanan yang penuh juga menjadi salah satu penyebabnya. Maka dari itu, pastikan penyimpanan pada ponsel memiliki ruang yang cukup ketika ingin mengunduh aplikasi pada Playstore. Hapus aplikasi yang dirasa tidak digunakan kembali. Atau sobat bisa memindahkan data aplikasi ke Kartu penyimpanan SD. 

6. Periksa Koneksi Internet

Jika kecepatan internet melambat atau tidak stabil, hal ini juga bisa mempengaruhi proses download aplikasi yang tertunda. 

Ketika ingin mendownload aplikasi, pastikan internet yang sobat gunakan mempunyai kecepatan yang memadai agar proses download lancar. Untuk itu, penting sekali memilih jaringan internet yang stabil. 

Jika sobat ingin mempunyai internet yang stabil dengan kecepatan 10 Mbps sampai 50 Mbps per detiknya sobat bisa memilih jaringan Lintas Home. Dengan Lintas Home sobat akan mendapatkan pengalaman terbaik ketika menggunakan internet.

Itulah beberapa Cara Mengatasi download Tertunda di Playstore. Jika sobat mengalami hal tersebut, cara diatas bisa sobat lakukan untuk mengatasinya. Selamat mencoba, semoga berhasil.

Pos Terbaru

Cara Menjadi Youtuber Pemula Modal Hp

Cara Menjadi Youtuber Pemula Modal Hp

Youtuber adalah sebutan bagi orang yang secara aktif membuat konten di youtube. Banyaknya keuntungan yang bisa didapatkan youtuber melalui…

Sejarah dan Perkembangan Jasa Ekspedisi

Sejarah dan Perkembangan Jasa Ekspedisi

Sejarah dan perkembangan jasa ekspedisi merupakan kisah menarik yang berakar jauh ke masa lampau. Sejak manusia pertama kali merasakan…

Ide Bisnis Tanpa Modal: Mulai dari Nol, Raih Keberhasilan

Ide Bisnis Tanpa Modal: Mulai dari Nol, Raih Keberhasilan

Saat ini, banyak orang yang bermimpi memiliki bisnis sendiri. Namun, tantangan terbesar yang sering dihadapi kurangnya modal. Apakah kalian…

Provider Internet Terdekat: Tips Memilih Agar Koneksi Optimal

Provider Internet Terdekat: Tips Memilih Agar Koneksi Optimal

Di zaman sekarang internet sudah menjadi kebutuhan pokok dalam kehidupan sehari-hari. Baik untuk bekerja, belajar, atau sekadar menikmati hiburan…

Cara Membatasi Pengguna Wifi: Agar Jaringan Internet Stabil!

Cara Membatasi Pengguna Wifi: Agar Jaringan Internet Stabil!

Koneksi internet yang lambat sering kali disebabkan oleh terlalu banyaknya perangkat yang terhubung ke WiFi. Hal ini bisa terjadi…

Cara Menyambungkan Youtube ke TV

Cara Menyambungkan Youtube ke TV

Menonton konten di Youtube adalah salah satu hal yang dilakukan oleh sebagian orang untuk mengisi waktu luang atau mencari…