Freelance Voice Over: Pekerjaan Sampingan yang Minim Modal

Ada begitu banyak Freelance atau pekerjaan sampingan yang bisa di lakukan untuk menghasilkan uang untuk sobat sekalian. Salah satunya dengan menjadi Freelance Voice Over. 

Apakah sobat masih asing dengan freelance tersebut? Belakangan ini, menjadi Voice Over adalah pekerjaan yang banyak dicari oleh sebagian orang. Sebelum membahas lebih jauh pekerjaan sampingan satu ini, mari kita mengenal apa itu Voice Over. 

Voice Over (VO) adalah teknis produksi berupa rekaman suara untuk keperluan tertentu, misalnya untuk mengisi narasi video dokumenter, iklan, video promosi, animasi, game atau keperluan di luar layar. Voice over seringkali disebut dengan dubbing. Padahal keduanya mempunyai arti dan cara penerapan yang berbeda. 

Orang yang bekerja sebagai Voice Over biasanya disebut dengan VO Talent. Biasanya VO talent bergerak dalam bidang penyiar radio, pembawa acara televisi, narator, atau announcer transportasi publik.

Apa itu Voice Over? 

Seorang voice over biasanya memiliki kemampuan untuk mengubah nada bicara, intonasi, dan gaya bicara yang berbeda beda sesuai dengan kebutuhan. Namun ada beberapa voice over yang memiliki nada khas yang unik, sehingga para pendengar akan mudah mengenali suara VO Talent hanya dengan mendengarkan saja. 

Setelah mengetahui tau apa itu voice Over (VO), selanjutnya adalah tugas Voice Over. Apa saja tugas-tugas yang harus dilakukan jika ingin menjadi Voice Over? Yuk, simak artikel berikut. 

Tugas Voice Over

1. Memahami isi naskah

Sebelum memulai rekaman, seorang VO talent akan menerima naskah yang akan dibacakan. Naskah ini akan diberikan kepada VO talent untuk dipelajari dan dipahami agar memahami konteks yang terdapat dalam naskah, sehingga dapat menyesuaikan intonasi atau gaya bicara yang tepat. 

2. Membaca Naskah

Setelah mempelajari isi naskah yang sudah diberikan, tugas selanjutnya adalah membaca naskah dengan melakukan sesi rekaman suara. 

Membaca naskah merupakan tugas utama seorang VO Talent. Karena dengan suara yang dibuat, diharapkan untuk bisa menyampaikan informasi yang tidak bisa di pahami dengan melihat gambar di tayangan.

Hal yang harus diperhatikan pada saat menyampaikan informasi tersebut adalah dengan memperhatikan nada dan intonasi agar lebih sampai ke dalam diri pendengar. 

3. Menyampaikan pesan

Hal penting lainnya yang harus dilakukan VO Talent adalah mampu menyampaikan pesan dengan menyesuaikan suara pada hal terkait. Contohnya, jika seorang VO talent di tugaskan dibagian iklan sebuah produk, maka yang harus dilakukan adalah membuat penonton merasa tertarik dengan produk yang sedang ditawarkan. Sedangkan jika mengisi suara untuk naskah karya fiksi seperti film atau animasi, seorang VO talent harus membuat jenis suara tertentu sesuai dengan sifat dan karakternya. 

Cara menjadi  Freelance Voice Over

Untuk menjadi Freelance Voice Over, diperlukan beberapa hal yang harus diperhatikan, berikut langkah-langkah yang harus diperhatikan:

1. Berlatih intonasi 

Berlatih intonasi adalah cara pertama yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan diri menjadi seorang VO. Jika dirasa belum cukup bisa menguasai intonasi nada, sobat harus banyak berlatih atau mengikuti pelatihan yang bisa meningkatkan kemampuan. Karena pada dasarnya, intonasi adalah hal yang sangat penting agar dapat masuk kedalam karakter yang akan di isi. 

2. Bisa Editing Video

Seorang Freelance Voice Over juga harus mempunyai keahlian dalam bidang editing video. Berbeda dengan VO talent profesional yang mempunyai tim untuk bisa saling bekerja sama, seorang Freelance Voice Over perlu melakukan beberapa hal yang harus bisa di handle sendiri. 

3. Bisa Mengolah Audio

Sama halnya dengan editing video, Menjadi Freelance Voice Over juga memerlukan keahlian untuk mengolah audio. Hal ini di karenakan agar suara yang dihasilkan setelah melakukan rekaman menjadi berkualitas. Sehingga hasilnya akan memuaskan. 

4. Gabung komunitas Voice Over

Bergabung dalam komunitas adalah salah satu langkah penting yang harus dilakukan oleh beberapa Freelance. Karena dengan bergabung dengan komunitas, akan menambah jangkauan atau jaringan sesama anggota komunitas. Sehingga peluang untuk mendapatkan informasi mengenai project freelance lebih mudah didapatkan. 

5. Membuat Mini Project untuk Membangun Portofolio 

Portofolio sangat diperlukan ketika sobat memutuskan untuk bekerja dalam bidang apapun. Karena biasanya klien akan merekrut seorang freelance melalui portofolio yang sudah dibuat. Ketika sobat mempunyai portofolio yang menarik dan sesuai bidang, maka itu akan menjadi nilai tambah untuk para klien. 

6. Persiapkan Peralatan yang mendukung

Jika ingin menjadi Voice Over, ada beberapa alat yang harus dipersiapkan agar lebih optimal. 

Berikut adalah alat-alat yang bisa dipersiapkan untuk menjadi seorang VO. 

Peralatan yang dibutuhkan Freelance Voice Over

1. Microphone 

Alat pertama yang harus dimiliki adalah microphone. Ada beberapa tipe microphone yang  dijual baik itu di marketplace atau di offline store, mulai dari harga yang murah sampai yang mahal. Tentunya kualitas yang dimiliki microphone pun berbeda-beda. Sebaiknya, jika ingin menjadi VO yang profesional lebih baik memilih microphone dengan kualitas yang jernih, agar suara yang dihasilkan berkualitas. 

Lalu bagaimana jika merekam suara hanya menggunakan ponsel? Hal ini bisa saja dilakukan. Tetapi hal yang harus diingat adalah di beberapa tipe ponsel memang sudah memiliki kualitas recording yang Bagus dan jernih. Namun sebagian ponsel masih memiliki kualitas recording yang terbatas. 

2. Peredam suara

Perlengkapan selanjutnya yang wajib dimiliki adalah peredam suara. Fungsinya adalah untuk meredam kebisingan sekecil apapun pada saat melakukan recording. Hal ini sangat penting untuk kualitas rekaman yang dihasilkan. 

Jika sobat mempunyai cukup dana untuk membeli peredam suara, sebaiknya melapisinya di seluruh ruangan yang digunakan untuk merekam dengan soundproof foam. Namun, jika memiliki budget terbatas maka sobat bisa membeli mini soundproof booth yang sudah banyak dijual. 

3. Software editing tool

Setelah melakaukan perekaman suara, langkah selanjutnya adalah mengedit suara untuk membuang hal hal yang tidak diperlukan. Untuk melakukan hal ini, sobat bisa menggunakan editing tools seperti Adobe Audition, Studio One, Cubase dll

4. Akses Internet 

Hal terakhir yang dibutuhkan adalah internet. Penggunaan internet dalam hal ini, dibutuhkan pada saat mencari informasi terkait job menjadi Freelance Voice Over. Untuk kemudahan berkomunikasi dengan menggunakan internet, dibutuhkan jaringan yang stabil untuk kenyamanan pengguna. Oleh karena itu, memilih jaringan internet juga menjadi hal penting yang harus diperhatikan. 
Jika sobat ingin mempunyai pengalaman akses internet dengan jaringan yang baik, stabil dan anti lemot Lintas Home adalah pilihan tepat untuk jaringan WiFi di rumah agar pekerjaan freelance voice over bisa dikerjakan optimal.

Pos Terbaru

Freelance Voice Over: Pekerjaan Sampingan yang Minim Modal

Ada begitu banyak Freelance atau pekerjaan sampingan yang bisa di lakukan untuk menghasilkan uang untuk sobat sekalian. Salah satunya…

Cara Nonton Live Streaming Bola

Cara Nonton Live Streaming Bola

Live streaming adalah tayangan langsung yang disiarkan kepada banyak orang diwaktu yang bersamaan melalui media komunikasi baik yang terhubung…

Cara Menjadi Youtuber agar Berpenghasilan

Cara Menjadi Youtuber agar Berpenghasilan

Menjadi seorang youtuber di era serba digital ini  menjadi impian banyak orang. Kebanyakan orang mulai memanfaatkan teknologi sebagai sumber…

Cara Menyambungkan WiFi ke Laptop

Cara Menyambungkan WiFi ke Laptop

Sebagian orang mungkin masih bingung bagaimana cara menyambungkan WiFi ke Laptop. Apalagi jika baru pertama kali mempunyai laptop pasti…

Cara Agar Koneksi Internet Stabil di Android

Cara Agar Koneksi Internet Stabil di Android

Ketika koneksi internet di hp tiba-tiba lemot atau melambat, tidak jarang menimbulkan keresahan bagi para pengguna. Namun masalah tersebut…

Cara Menjadi Freelancer: Menghasilkan Uang Dari Rumah

Cara Menjadi Freelancer: Menghasilkan Uang Dari Rumah

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin maju dan canggih, banyak sekali pekerjaan yang bisa di handle lewat rumah.  Sebelum…