Cara menjadi youtuber pemula modal hp

Cara Menjadi Youtuber Pemula Modal Hp

Youtuber adalah sebutan bagi orang yang secara aktif membuat konten di youtube. Banyaknya keuntungan yang bisa didapatkan youtuber melalui kanal youtube, platform satu ini berhasil menarik minat orang-orang untuk mencoba peruntungan sebagai seorang youtuber. Namun yang masih menjadi pertanyaan banyak orang adalah bagaimana Cara Menjadi Youtuber Pemula Modal Hp? Apakah bisa? Yuk, simak artikel berikut untuk mengetahui jawabanya. 

Untuk memulai sebagai youtuber,  sobat bisa menggunakan perangkat apapun. Bisa hanya dengan modal Hp, tablet, PC ataupun laptop. Karena alat dasar yang dibutuhkan seorang youtuber adalah kamera, mikrofon, dan software untuk editing video. 

Tentunya jika ingin video yang dihasilkan lebih berkualitas, sobat perlu menyiapkan beberapa alat pendukung seperti lighting, tripod atau perlengkapan lainnya. 

Cara Menjadi Youtuber Pemula

Lantas, Bagaimana Cara Menjadi Youtuber Pemula Modal Hp? yuk, Ikuti langkah-langkah berikut:

1.  Tentukan Niche

Hal pertama yang harus dilakukan untuk memulai membuat konten adalah dengan cara memilih Niche yang tepat. Apa itu Niche konten? Niche adalah topik khusus untuk membuat video. Misalnya Fashion, musik, gaming, atau lainnya. 

Mengapa memilih niche sangat penting dilakukan? Karena dengan memilih niche yang tepat, akan memberikan keuntungan pada akun channel youtube yang sobat buat. Lantas, bagaimana cara memilih niche yang tepat? 

– Ketahui minat dan bakat. Jika membuat konten youtube berdasarkan passion yang dimiliki, ini akan membantu mempermudah dalam pembuatan video. 

– Lakukan riset. Setelah mempunyai gambaran tentang ide konten youtube, lakukan riset. Hal ini, bisa membantu untuk mengelompokkan audiens untuk menonton sesuai dengan niche yang telah ditentukan. Sehingga viewers akan tinggi. 

2. Buat Akun Google

Langkah selanjutnya adalah membuat akun google. 

– Buka menu settings 

– Pilih “Account”, kemudian klik ” Add Account”

– Pilih Google, lalu klik “Create Account”

– Pilih “For My Personal Use”

– Isi nama depan dan belakang sesuai keinginan

– Buat Password. Untuk membuat kata sandi, lebih baik menggunakan kata sandi dengan kombinasi huruf besar dan kecil, angka, atau simbol agar keamanan akun lebih terjaga. 

– Tambahkan nomor Hp 

– gulir kebawah, kemudian klik “Agree”

3. Buat Channel Youtube

Setelah selesai membuat akun Google, selanjutnya adalah membuat akun youtube. Langkah yang harus dilakukan adalah:

– Buka aplikasi youtube pada ponsel

– Klik profil yang berada di pojok kanan bawah

– Ubah foto Profil semenarik mungkin, agar audience lebih tertarik melihat channel yang sobat buat

– Isikan nama channel sesuai dengan nama yang diinginkan. Untuk nama channel yang akan dibuat, lebih baik memilih nama yang mudah diingat, agar lebih memudahkan audience ketika menjangkau atau menemukan akunnya. 

– Klik “Create Account”.

4. Personalisasi Channel

Cara menjadi youtuber pemula modal hp selanjutnya yaitu personalisasi chanel. Setelah akun Youtube sudah berhasil dibuat, hal yang tidak boleh dilupakan adalah melakukan personalisasi channel. Hal ini bertujuan agar akun youtube yang sudah dibuat tampak lebih menarik di mata audiens. Selain itu, mempersonalisasi Channel juga akan membuat akun terlihat lebih profesional. Langkah yang harus dilakukan ketika ingin mempersonalisai Channel adalah:

– Buka aplikasi Youtube

– Klik bagian profile

– Pilih “View Channel”

– Klik ikon pensil untuk melakukan kostumisasi

– Pilih “Channel Settings”

– Ganti Banner sesuai keinginan. Pastikan banner yang di pasang terlihat menarik 

– Cek handle Channel sesuai dengan nama akun youtube 

– Isi deskripsi semenarik dan se-informatif mungkin

5. Siapkan Konten Video

Saat menyiapkan konten video ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar akun channel terlihat lebih menarik di mata audience. Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan:

– Tuliskan semua ide yang terlintas di kepala. Agar kedepannya tidak bingung dalam membuat konten, mengumpulkan semua ide sangat membantu untuk memudahkan sobat membuat konten selanjutnya 

– Agenda pembuatan video

Rencanakan secara rinci mulai dari penulisan skrip, pengambilan video, proses editing dan jadwal Upload konten. 

6. Perhatikan Kualitas Kamera 

Cara menjadi Youtuber modal Modal Hp, peralatan yang harus diperhatikan adalah kualitas kamera yang digunakan untuk merekam video. Kualitas kamera bawaan hp yang bagus, akan menghasilkan video yang jernih. Paling tidak minimal resolusi kamera yang dibutuhkan pada saat pengambilan video adalah 720P. Perhatikan juga fitur auto fokusnya, agar video yang dihasilkan tidak buram. 

7. Pilih Sound Terbaik

Memilih sound yang sesuai dengan video atau niche akan membantu meningkatkan kualitas konten dan membuat video lebih menarik. 

8. Siapkan Alat Pendukung

Contoh alat pendukung ketika membuat video adalah Tripod. Ketika sobat menggunakan tripod video yang dihasilkan akan lebih baik dan stabil. 

9. Maksimalkan Proses Editing 

Langkah selanjutnya adalah proses editing video. Ketika mengedit, perhatikan detail-detail yang mungkin perlu ditambah atau dikurangi. Editing video yang bagus dan menarik akan membuat viewers betah melihat konten yang disajikan. Bagi sobat yang baru pertama mengedit video, carilah aplikasi editing yang mudah untuk digunakan. Tambahkan beberapa elemen seperti musik, animasi, atau teks. 

10. Upload Video 

Setelah proses editing selesai, langkah berikutnya adalah mengupload video ke youtube. Ketika mengupload video ke youtube, pilih waktu terbaik ketika dirasa audiens sedang aktif. Hal itu akan membantu meningkatkan jumlah viewers. Berikut adalah cara mengupload video ke youtube:

– Buka aplikasi youtube 

– Klik tanda + pada bagian bawah halaman utama youtube. Atau pilih “Create”

– Pilih video yang akan di Upload

– Tambahkan judul, deskripsi, atau hashtag sesuai dengan video

– Klik Upload, dan tunggu hingga proses video selesai. 

11. Promosikan Video Ke Media Sosial

Cara menjadi youtuber pemula modal hp yang tidak kalah penting adalah mempromosikan konten. Agar konten terjangkau lebih luas ke target sasaran atau audiens. Cara mudah mempromosikan, diantaranya: memprmosikan lewat media sosial, seperti: fb, ig, tiktok, whatasapp, dan lain sebagainya.

12. Analisis Traffic Video

Langkah terakhir yang perlu diperhatikan menganalisis video yang sudah di upload. 

Itulah langkah Cara Menjadi Youtuber Pemula Modal Hp. Apakah sobat berminat menggeluti bidang ini? Tentunya ketika ingin menjadi youtuber, hal lain yang perlu diperhatikan adalah mempunyai akses internet yang stabil untuk mengupload video ke youtube.  Jika masih mencari jaringan internet yang cepat tanpa kendala, sobat bisa memilih jaringan Lintas Home.  Jaringan ini, menyediakan kecepatan akses internet dari 10 Mbps sampai 50 Mbps perdetiknya.

Pos Terbaru

Cara Menjadi Youtuber Pemula Modal Hp

Cara Menjadi Youtuber Pemula Modal Hp

Youtuber adalah sebutan bagi orang yang secara aktif membuat konten di youtube. Banyaknya keuntungan yang bisa didapatkan youtuber melalui…

Sejarah dan Perkembangan Jasa Ekspedisi

Sejarah dan Perkembangan Jasa Ekspedisi

Sejarah dan perkembangan jasa ekspedisi merupakan kisah menarik yang berakar jauh ke masa lampau. Sejak manusia pertama kali merasakan…

Ide Bisnis Tanpa Modal: Mulai dari Nol, Raih Keberhasilan

Ide Bisnis Tanpa Modal: Mulai dari Nol, Raih Keberhasilan

Saat ini, banyak orang yang bermimpi memiliki bisnis sendiri. Namun, tantangan terbesar yang sering dihadapi kurangnya modal. Apakah kalian…

Provider Internet Terdekat: Tips Memilih Agar Koneksi Optimal

Provider Internet Terdekat: Tips Memilih Agar Koneksi Optimal

Di zaman sekarang internet sudah menjadi kebutuhan pokok dalam kehidupan sehari-hari. Baik untuk bekerja, belajar, atau sekadar menikmati hiburan…

Cara Membatasi Pengguna Wifi: Agar Jaringan Internet Stabil!

Cara Membatasi Pengguna Wifi: Agar Jaringan Internet Stabil!

Koneksi internet yang lambat sering kali disebabkan oleh terlalu banyaknya perangkat yang terhubung ke WiFi. Hal ini bisa terjadi…

Cara Menyambungkan Youtube ke TV

Cara Menyambungkan Youtube ke TV

Menonton konten di Youtube adalah salah satu hal yang dilakukan oleh sebagian orang untuk mengisi waktu luang atau mencari…