Cara menyambungkan youtube ke TV

Cara Menyambungkan Youtube ke TV

Menonton konten di Youtube adalah salah satu hal yang dilakukan oleh sebagian orang untuk mengisi waktu luang atau mencari hiburan. Namun pernahkah sobat menonton youtube melalui Televisi? Atau bahkan belum pernah mencobanya karena tidak tahu bagaimana Cara Menyambungkan Youtube ke TV? Jika sobat belum pernah mencobanya, simak artikel berikut untuk mengetahui caranya. 

Youtube adalah salah satu Platform yang banyak diminati oleh banyak pengguna. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Banyaknya konten yang cukup beragam mulai dari Trik dan Tips, konten memasak, konten edukasi, musik, vlog keseharian dan masih banyak lagi bisa dilihat dari youtube. 

Tentunya, bagi setiap orang yang menonton youtube dengan menggunakan smartphone menjadi hal yang sudah biasa. Namun sebagian orang melihat tayangan youtube hanya dengan menggunakan ponsel dirasa kurang memberikan kepuasan karena kecilnya layar ponsel. Oleh karena itu beberapa orang lebih memilih untuk melihat youtube di televisi. Lalu bagaiman Cara Menyambungkan Youtube ke TV? Berikut cara yang bisa dilakukan. 

Cara Menyambungkan Youtube Ke TV

Ada beberapa cara menyambungkan youtube ke tv, diantaranya:

1. Memakai Miracast

Pertama, cara menyambungkan youtube ke tv adalah sengan miracast. Miracast adalah teknologi tanpa kabel yang bisa menghubungkan ponsel ke perangkat televisi dengan menggunakan bantuan Wifi Direct. 

Untuk menggunakan Miracast, sobat perlu melakukan langkah berikut:

– Siapkan perangkat pendukung seperti MiraScreen atau dongle AnyCast

– Colokkan MiraScreen atau dongle AnyCast ke Port HDMI pada televisi

– Masuk ke pengaturan/setting Ponsel 

– Pilih “Wireless Mirroring or Cast Screen”

– Ubah pengaturan ke posisi “On”

– Tunggu hingga tampilan televisi muncul serupa dengan tampilan ponsel 

2. Memakai Google Cast

Sama halnya seperti MiraCast, Google Cast juga menggunakan perangkat pendukung seperti dongle yang secara khusus telah dibuat oleh Google. Alat tersebut dinamakan Chromecast. Lakukan langkah berikut untuk menghubungkan perangkat ke televisi:

– Siapkan Chrome cast

– Colokkan Chrome cast ke port HDMI pada televisi 

– Setelah terpasang, pindahkan TV ke mode HDMI

– Install aplikasi Google Home pada ponsel

– Atur Aplikasi agar dapat terhubung dengan Chrome cast menggunakan kode

– Pilih opsi untuk cast video di Youtube

– Tunggu hingga Chromecast menerima link atau tautan video dari ponsel yang nantinya akan terhubung ke televisi. 

Untuk mendapatkan Chromecast original buatan google, sobat perlu mengeluarkan budget sekitar Rp. 400-500 ribu per item nya. Perlu diingat, dalam membeli alat ini perlu hati-hati. Karena banyak versi KW yang sudah beredar di pasaran dengan di bandrol sekitar Rp. 100 ribuan. 

3. Pakai Kabel HDMI

Cara menyambungkan youtube ke Tv yang tidak kalah mudah adalah menggunakan kabel HDMI. Berikut langkah-langkah yang bisa dipraktikkan.

– Colokkan kabel HDMI yang sudah terhubung dengan ponsel, tablet atau PC ke Port televisi

– Tunggu hingga kedua perangkat saling terhubung sesuai dengan notifikasi. 

4. Pakai Set Top Box

Ada beberapa jenis Set Top Box yang bisa digunakan untuk streaming video secara langsung seperti youtube ataupun aplikasi lainnya. Harganya pun cukup bervariasi di pasaran, mulai dari yang termurah berkisar antara Rp. 100 ribuan saja. 

Tentunya jika sobat ingin menonton youtube di televisi, syarat pertama yang harus ada adalah jaringan internet atau Wifi yang terhubung. Dengan jaringan internet yang stabil, sobat bisa menonton youtube tanpa buffering. Oleh karena itu, sangat penting memilih jaringan yang bisa menyediakan kecepatan akses internet yang cepat dan stabil. 

Jaringan internet yang cepat dan stabil bisa sobat dapatkan jika memakai Lintas Home. Lintas Home adalah Jaringan internet yang bisa sobat pakai untuk jaringan Wifi di rumah, di kantor atau dimanapun. 

Jadi bagaimana, cukup mudah bukan Cara Menyambungkan Youtube ke TV? Semoga artikel ini membantu yaa..

Pos Terbaru

Cara Menjadi Youtuber Pemula Modal Hp

Cara Menjadi Youtuber Pemula Modal Hp

Youtuber adalah sebutan bagi orang yang secara aktif membuat konten di youtube. Banyaknya keuntungan yang bisa didapatkan youtuber melalui…

Sejarah dan Perkembangan Jasa Ekspedisi

Sejarah dan Perkembangan Jasa Ekspedisi

Sejarah dan perkembangan jasa ekspedisi merupakan kisah menarik yang berakar jauh ke masa lampau. Sejak manusia pertama kali merasakan…

Ide Bisnis Tanpa Modal: Mulai dari Nol, Raih Keberhasilan

Ide Bisnis Tanpa Modal: Mulai dari Nol, Raih Keberhasilan

Saat ini, banyak orang yang bermimpi memiliki bisnis sendiri. Namun, tantangan terbesar yang sering dihadapi kurangnya modal. Apakah kalian…

Provider Internet Terdekat: Tips Memilih Agar Koneksi Optimal

Provider Internet Terdekat: Tips Memilih Agar Koneksi Optimal

Di zaman sekarang internet sudah menjadi kebutuhan pokok dalam kehidupan sehari-hari. Baik untuk bekerja, belajar, atau sekadar menikmati hiburan…

Cara Membatasi Pengguna Wifi: Agar Jaringan Internet Stabil!

Cara Membatasi Pengguna Wifi: Agar Jaringan Internet Stabil!

Koneksi internet yang lambat sering kali disebabkan oleh terlalu banyaknya perangkat yang terhubung ke WiFi. Hal ini bisa terjadi…

Cara Menyambungkan Youtube ke TV

Cara Menyambungkan Youtube ke TV

Menonton konten di Youtube adalah salah satu hal yang dilakukan oleh sebagian orang untuk mengisi waktu luang atau mencari…