Cara Agar Koneksi Internet Stabil di Android

Sebagai pengguna internet untuk kebutuhan sehari-hari, perlu kiranya untuk mengetahui apa saja cara agar koneksi internet stabil di android. Karena internet yang stabil adalah salah satu poin penting untuk pengalaman pengguna. 

Ketika koneksi internet di hp tiba-tiba lemot atau melambat, tidak jarang menimbulkan keresahan bagi para pengguna. Namun masalah tersebut memang sudah menjadi hal yang wajar bagi pengguna internet. Untuk mengatasi hal tersebut, pentingnya pengguna mengetahui cara agar koneksi internet stabil di android.

Lantas, bagaimana cara mengatasinya? Sebelum itu, mari kita bahas beberapa masalah yang bisa menyebabkan internet lemot di Hp. 

Penyebab Internet Lemot

Beberapa penyebab internet lemot yang kerap kali terjadi adalah karena hal-hal berikut:

1. Operator Penyedia Jaringan Selular

Operator yang kita gunakan sangat berpengaruh terhadap stabilitas koneksi internet. Ada beberapa tempat yang memang belum bisa dijangkau oleh beberapa operator penyedia jaringan seluler. Sehingga koneksi internet menjadi terbatas dan tidak bisa digunakan di tempat tersebut. 

2. Jaringan WiFi dari router terlalu jauh

Salah satu penyebab lain adalah jarak router yang terlalu jauh dengan perangkat. Sehingga, Hp android tidak bisa mendapatkan sinyal dari router secara optimal. Ketika menggunakan WiFi memang ada batasan jarak yang telah ditetapkan oleh pihak penyedia jasa. Hal itu bisa diatur ketika pertama kali memasang router WiFi. 

3. Berbagi hotspot seluler

Mengaktifkan hotspot yang ada di handphone juga penyebab internet menjadi lemot ketika digunakan meskipun sinyal jaringan sedang dalam kondisi Bagus. Hal ini dikarenakan jaringan yang terpakai akan terbagi dengan perangkat lain yang ikut tersambung. Sehingga penggunaannya tidak bisa optimal  

4. Gangguan pada sistem Hp

Penyebab lain yang mungkin saja terjadi adalah pengaturan di Hp yang tidak sinkron atau tidak berfungsi dengan baik. 

Itulah beberapa penyebab internet lemot ketika digunakan. Setelah mengetahui penyebabnya sacara umum, berikut adalah cara agar koneksi internet stabil di android:

Cara Agar Koneksi Internet Stabil di Android 

Terdapat beberapa tips yang perlu diperhatikan agar koneksi internet tetap stabil. Diantaranya sebagai berikut.

1. Tutup aplikasi jika sudah tidak digunakan 

Menutup aplikasi yang sudah tidak digunakan adalah salah satu langkah tepat yang harus dilakukan. Hal ini dikarenakan aplikasi yang tidak digunakan tetap berjalan di latar belakang. Sehingga menyebabkan bertambahnya beban koneksi internet di Hp android

2. Restart Hp

Dengan tindakan ini bisa menyegarkan kembali sistem Hp yang mengalami gangguan. Untuk restart Hp android caranya cukup mudah. Matikan hp dengan menekan pada tombol power-pilih restart-kemudian tunggu beberapa saat hingga hp menyala kembali. 

3. Bersihkan cache Hp

Setiap Hp android memiliki cache atau data sementara yang tersimpan. Cache yang jarang dibersihkan akan terus menumpuk pada sistem, sehingga mengurangi responsivitas Hp android dalam mengakses internet. 

4. Pilih operator selular yang menjangkau area pengguna

Cara selanjutnya adalah dengan memilih operator seluler yang menjangkau tempat tinggal pengguna. Hal ini sangat penting untuk dilakukan. Karena tidak semua operator bisa menjangkau area pengguna. 

5. Matikan koneksi WiFi pada perangkat yang tidak digunakan

Dengan memutus sambungan Hp android yang tidak digunakan dari WiFi, ini akan berguna agar bandwidth tidak penuh. Semakin banyak perangkat yang terhubung, maka bandwidth akan semakin penuh. Sehingga ini menyebabkan melambatnya koneksi internet di setiap perangkat yang tersambung. 

Cukup mudah kan, cara agar koneksi internet stabil di android? dengan melakukan beberapa tindakan diatas, pengguna internet bisa melakukannya secara mandiri dengan cepat. 

Jika sobat masih bingung memilih koneksi internet yang kencang, anti lemot Lintas Home bisa menjadi solusi. Karena penyedia jasa internet ini menawarkan kecepatan 10 Mbps sampai 50 Mbps setiap detiknya. Sehingga pengguna akan merasakan kenyamanan saat mengkakses internet. 

Semoga cara diatas membantu mengatasi masalah sobat sekalian

Pos Terbaru

Cara Nonton Live Streaming Bola

Cara Nonton Live Streaming Bola

Live streaming adalah tayangan langsung yang disiarkan kepada banyak orang diwaktu yang bersamaan melalui media komunikasi baik yang terhubung…

Cara Menjadi Youtuber agar Berpenghasilan

Cara Menjadi Youtuber agar Berpenghasilan

Menjadi seorang youtuber di era serba digital ini  menjadi impian banyak orang. Kebanyakan orang mulai memanfaatkan teknologi sebagai sumber…

Cara Menyambungkan WiFi ke Laptop

Cara Menyambungkan WiFi ke Laptop

Sebagian orang mungkin masih bingung bagaimana cara menyambungkan WiFi ke Laptop. Apalagi jika baru pertama kali mempunyai laptop pasti…

Cara Agar Koneksi Internet Stabil di Android

Cara Agar Koneksi Internet Stabil di Android

Ketika koneksi internet di hp tiba-tiba lemot atau melambat, tidak jarang menimbulkan keresahan bagi para pengguna. Namun masalah tersebut…

Cara Menjadi Freelancer: Menghasilkan Uang Dari Rumah

Cara Menjadi Freelancer: Menghasilkan Uang Dari Rumah

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin maju dan canggih, banyak sekali pekerjaan yang bisa di handle lewat rumah.  Sebelum…

CARA MENGHASILKAN UANG DARI FACEBOOK yang Perlu Dicoba

CARA MENGHASILKAN UANG DARI FACEBOOK yang Perlu Dicoba

Bagaimana cara menghasilkan uang dari facebook? Facebook adalah salah satu dari beberapa banyaknya platform media sosial yang sering digunakan…